Rabu, 23 Desember 2009

"asem ik!" said the farmer

sebelum membaca tulisan dibawah ini
akan lebih baik kursus bahasa jawa semarangan dulu

BAHASA SEMARANGAN INI DITULIS DENGAN SE'ENAKNYA PENULIS


isuk-isuk kepeksan kudu tangi
langsung mbukak piring ehhh durung ono sarapan, usus ning weteng wis mbulet, malah ono sebagian usus wis mreteli.

ora mang adus langsung njupuk parang nggo nggoseki suket sing arep tak pakanke sapi, mbareng wis ngosek-nggosek suket rodo suwe jempol sikilku keno pucuk'e parang. terus terang wae aku kudu misuh ning ngarep sapi!
tapi pancen dasar'e sapi. tapi sapi isone mung madhang! (madhang=mangan=makan) arep dijak crito-crito malah dikiro wong gendheng!

mbukak piring maneh, durung ono sego. piring arep tak banting tapi jare bojoku "eman-eman ora nduwe piring maneh, ngko lek arep madhang opo arep nganggo panci?"
wis awan ngene tapi wetengku cuman kisenan telo, wis ora opo-opolah dari pada cuman kisenan angin, malah-malah iso masuk angin tur ngentut-ngentut sak'nggon-nggon.

awan ngene iki jatah'e nggarap sawah. panas-panas arep ngewor (ngewor=nandur=menanam) jagung. geger kemeng kabeh goro-goro ngewor jagung, jagung arep tak sebar sembarangan tapi ngko malah ora iso ngembang.

wis se sasi jagung tak mes (mes=pupuk). regane mes mundak tak belani ngedol katok kloworku.
mari ngemes jagung geger rasane iso pedhot-pedhot.
bengi arep turu ora iso nyenyak goro-goro geger arep pedhot.
bojo tak celuk tak kon ngerik'i geger.
di kon ngerik'i malah jik leren tuku balsem, balsem wis ono saiki gumun karo duwit receh, duwit receh wis ono tapi jare bojoku wis ngantuk. bojo arep tak banting tapi rupane sik ayu.

bingung'e ati ndeleng langit kok mung panas wae?
iki kapan tho udane?
nandur wis sampe rupaku ireng koyo areng tapi udan ora teko-teko.
awan arep tak banting tapi ora ngerti carane.

wis tak gae main sanggong (sanggong=judi kartu) wae karo kanca-kancaku.
durung main tapi wis ono sing njaluk duit keamanan. arep tak pisuh'i tapi ngko malah ora iso main sanggong tur dipenjara pisan.
sanggong main sampek isuk tapi ora menang blas. dompet tak banting, tak incak-incak, trus bali (bali=moleh=pulang) ning omah.
tapi lagek kelingan..
tak jupuk maneh dompetku sing ndalan mau, tak bukak mung arep njupuk fotone bojoku, trus tak tutup maneh, tak banting maneh, tak incak-incak maneh, trus tak jupuk maneh, tak lebok'ne clonoku. eman-eman dompet mung siji.

isuk wis ambyar tapi moto isih ngantuk,yo wes tak sogok'e nganggo kopi!
arep nggawe isih leren ngodok jarang (jarang=banyu panas=air panas) bareng wis nyuntak banyu ning panci gas LPG'ne entek!. sangking mankel'e LPG tak banting tapi malah mbledos keno clonoku. clonoku kobong separuh!

banyu tak godok ning kompor kayu, ora ngerti lek kayune entek pisan. wis ora kepikir maneh klambi-klambiku tak obong nggo nggodok jarang.
jarang wis ono malah kopine kari sak cendok. cendok tak banting malah mental ning bathukku!
bareng jarang arep tak suntak ning gelas, gelas'e mleset pecah lan marak'ke aku kaget trus panci'ne nibo tur banyu panas'e kesuntak ning sikilku.
moto ngantuk ora sido ngombe kopi malah kesuntak banyu panas!

gumunku, sakben tandur jagung kok ora duwur-duwur?
liyane wis panen tur leyeh-leyeh sawahku isih ribut karo tikus!
wis tak njarke wae. mboh! ora mungkin aku arep mbanting tikus. nyekel tikus'e wae wis kangelan.

jangkep patang sasi wayahku panen, tapi apes'e regone jagung wis medun.
ora kesu'en cangkemku iso langsung njerit
"ASEEEEEMMMMMMMMM IKKKKKK!!!"

*ditulis berdasarkan inspirasi beberapa petani di desaku yang mengeluh hujan.
** maaf jika banyak bahasa semarangan yang salah, maklum aku wong suroboyo rek!
***selamat menikmati sajian sehat dari saya. semoga bermanfaat. TABIK!

Selasa, 22 Desember 2009

rumah penyakit

anak SD yang baru saja pulang dari sekolah bertanya pada ibunya

"bu, raja itu apa?"

"raja itu pemimpin nak"

"di negara ini pemimpinnya siapa?"

"katanya sih presiden yang itu tu" sang ibu menjawab sambil menunjuk pada televisi

"kalau di hutan rajanya siapa?" si anak kembali bertanya

"emm..em..emmmmm.... kalau di hutan ya...... raja singa!"

***
perkembangan biasanya dihubungkan dengan sebuah kemajuan yang berjalan bertahap atau
pencapaian prestasi pada satu titik tertentu.

begitu pula yang terjadi pada Rumah Sakit. perkembangan pada peralatan maupun kemajuan orang-orang medis dalam berkemampuan di bidangnya. sudah semakin kompeten.

sesaat tak begitu lama kemajuan itu terjadi, rumah sakit telah berevolusi menjadi sebuah "mesin pemeras" yang modern.
rumah sakit. yang dulu menyandang gelar sebagai "lembaga sosial" secara perlahan pula telah merubah statusnya menjadi "lembaga bisnis' yang secara jelas-jelas akan mencari keuntungan dari pasien.

lalu, apakah pemerintah tanggap dengan spektrum seperti ini?
kemungkinan tidak.
niat baik pemerintah menelurkan program SKM (surat keterangan miskin) agar warga (yang dianggap miskin) tetap dapat berobat dan sehat kembali sepertinya tak berjalan sesuai rencana. bukankah lebih baik diadakan program kesehatan murah dari pada pembuatan kartu-kartu semacam ini yang (kemungkinan besar) hanya akan menimulkan masalah baru.

kita harus memberontak!
kesehatan untuk kita setiap orang harus digalakkan, bukan semata unutk kepentingan bisnis!

dengan keras saya menolak adanya SKM dan sejenisnya.
penganggapan adanya orang miskin bisa mengkotak-kotak pemikiran manusia!

miskin dianugerahkan oleh tuhan agar manusia berusaha untuk menolak jiwa miskin dan belajar untuk bertahan hidup dalam kenyataan.
miskin dianugerahkan bukan untuk dikasihani hanya dengan lembar Surat Keterangan Miskin.

"semangatlah
hey kalian yang dianggap miskin!"

Sabtu, 19 Desember 2009

YEN ING TAWANG ANA LINTANG

"dek jaman pejuang
njur kelingan anak lanang
biyen tak openi
njur saiki ono ngendi?"

***

"kamu suka musik apa?" tanya Gathal pada temannya

Gathul: "aku suka musik dangdut! soalnya bisa liat rok penyanyinya terbang-terbang"

Gathel: "mending musik klasik bisa bikin kita ketiduran dan memproduksi liur sampe di pipi"

Gathal: "hmm.. kalian semua nggak ngerti musik! aku suka musik yang nge-beat!"

suasana terdiam sejenak...

Gathal: "ngomong-ngomong nge-beat itu kan nama lengkapnya nge-beat G ade ya?"

***

karena telinga kita terlalu munafik untuk menerima hal-hal yang berbau ndeso, terpinggirkan dan musik selalu dianggap sebagai penunjuk strata seseorang oleh karena itu pemikiran kita tidak terlalu terbuka, juga sulit untuk menghargai kenyataan yang diciptakan leluhur.

mengenai kepindahanku di daerah yang cukup jauh dari kota telah menamparku tentang kepongahan telinga manusia. kenapa? karena kita selalu dengan sengaja meminggirkan pelaku sekaligus penikmat musik tradisional.

sejumlah orang berpendapat mengenai terpinggirnya musik tradisional terjadi karena derasnya arus modern

modern? mungkin tidak sama sekali
sejumlah pemuda berjalan dengan pakaian ala punk tanpa mengerti punk. tidak tahu pogoh fight, tidak paham headbanging atau jika ditanya tentang D.I.Y akan geleng-geleng saja menunjukkan mereka hanya menyukai musik modern dengan kesemuan yang mereka pahami dengan melihat saja. tanpa menganalisis terlebih mengobservasi musik apa, hal apa yang akan dilakukan.

"tai anjing buat kalian yang sok punk! nggak usah lah bergaya sok punk atau berusaha se-gaul mungkin jika tak tahu dan tak paham arti didalamnya!.
HIDUP BUKANLAH FASHION!"

coba kita belajar bersama untuk melatih telinga agar tidak munafik, coba mengajari mulut untuk berkata sesuai dengan apa yang dirasa.
dan rasakanlah musik kita ini dengan perasaan yang sesungguhnya. rasakanlah hembusan angin yang akan menyeret pikiranmu jauh ke masa lampau. kenali dan pelajari negerimu.

"YEN ING TAWANG ANA LINTANG
CAH AYU AKU NGENTENI TEKA MU
MARANG MEGA ING ANGKASA
SUNG TAKOK'KE PAWARTAMU

YEN ING TAWANG ANA LINTANG CAH AYU...
RUNGOKNO TANGIS ING ATI..."

Sabtu, 05 Desember 2009

maaf, jangan gunakan bahasa indonesia

di bibir jalan dekat lampu merah sedang diadakan rapat rahasia "komunitas pengamen non sejahtera".

tidak sengaja pembicaran rapat melipir kedalam "Pembukaan undang-undang dasar 1945"

tejo: kalian tahu kenapa negara kita ini sulit dibilang merdeka?

tengil: mungkin karena banyaknya pengamen kayak kita ini

tejo: bego! bukan itu! justru kita ini manusia kuat dengan atau tanpa pemerintah!

tepos: trus kenapa dong?

tejo: itu semua karena di bagian teks Pembukaan UUD 45 ada kalimat yang salah, dengar bagian ini

lalu tejo membaca UUD 45 dengan cengkok melayu:

Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia
dengan selamat sentosa
mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan

negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

lalu tejo menambahkan:
kita sering dibilang belum merdeka karena pendahulu kita hanya mengantar kita ke "depan pintu gerbang" kemerdekaan saja dan tidak dibawa masuk kedalam kemerdekaan!

***

judulnya separtis banget ya?
birin aja!

banyak orang yang menginginkan merdeka, termasuk merdeka di bidang berbicara atau berdialog
namun, kemerdekaan berbicara ini tidak berlangsung dengan kedaan daerah dan tempat tinggal mereka

banyak pemuda yang jelas-jelas berasal dan berkulit asli jawa (coklat langsat agak hitam) yang berbicara dengan cara di jakarta-jakartakan padahal yang diajak bicarapun orang jawa pula. sudah melupakan bahasa masa kecilnya.

ini krisis namanya!
disaat kebudayaan sedang gencar dibicarakan untuk tetap di pertahankan agar tetap lestari tapi seperti sengaja dilupakan, bahasa daerah dinggap kurang menunjukkan kasta ekonomi seseorang.

ini nasionalisasi yang salah!
anak-anak kecilpun diajarkan untuk menggunakan bahasa indonesia dalam pergulan sehari-hari. ini memang mengjarkan nasionalisme sejak dini pada anak, tapi disisi lain keadaan bahasa daerah yang bermacam-macam akan terlupakan secara perlahan.

jika bahasa daerah sudah dilupakan, kemungkinan besar kita akan melupakan diri sendiri dan semakin sulit untuk mengenali diri bangsa.

"wong jowo yo ngomong jowo ae
gak usah isin
kat jaman'e mbahmu durung kawin biyen yo wis ngomong jowo!"


*Ditulis dengan hidung yang dalam kedaan buntu sebelah, ahli medis menyebutnya PILEK!

Kamis, 26 November 2009

apakah ini?

bilang saya pemurung, sebut saya penyendiri boleh saja. tapi saat ini, untuk saat ini saja...
biarkan saya sendiri...

merangkai tentang sesuatu, apa yang kurasa saat ini adalah jenuh. apa itu jenuh? secara serampangan bisa saya jelaskan bahwa jenuh adalah bosan dan bosan adalah jenuh.

sepertinya ada sebuah garis imaji besar di dalam otakku, tetapi anehnya aku tak tahu apa kepastian itu, semua resah di diri masih kuajak untuk mencari jawaban pasti.
bilang saya pemurung, sebut saya penyendiri boleh saja. tapi saat ini, untuk saat ini saja biarkan saya sendiri...

jenuh. satu kata yang saat ini saya rasa
jenuh. satu kata yang sekian kalinya mampir di diri saya.

tak seperti biasanya
saat bulan mencapai di atap-atap rumah saya hanya berkawan sebuah buku bukan sedang berkumpul dengan orang-orang seperti yang dulu-dulu saya lakukan saat malam datang.
sekarang juga sudah mulai malas berbincang atau sekedar berhaha-hihi sesuatu dengan siapapun.
penyakitkah ini?
bisa sembuhkah ini?
bilang saya pemurung, sebut saya penyendiri boleh saja. tapi saat ini, untuk saat ini saja biarkan saya sendiri...

saat jenuh yang kulakukan adalah menyendiri, karena sampai saat ini teman terbaik bagiku adalah sendiri, bukan tak suka bergaul atau tak mau berkawan tapi...
bilang saya pemurung, sebut saya penyendiri boleh saja. tapi saat ini, untuk saat ini saja biarkan saya sendiri...

walau belum ada yang dapat mevisualisasikan apa itu jenuh? tapi benarkah ini jenuh? apakah ini rindu? kalau benar ini rindu, katakan harus pada siapa aku rindu?.
mungkin benar ini hanya sebuah rasa jenuh.
rasa yang kulewati dengan sebuah buku, rasa yang kulewati dengan menyendiri

bukannya acuh dengan keadaan, bukannya tak mau tahu dengan sekitar.

bilang saya pemurung, sebut saya penyendiri boleh saja. tapi saat ini, untuk saat ini saja
biarkan saya sendiri...

Sabtu, 21 November 2009

venice van java

seorang anak SD datang merengek memohon untuk dibelikan sepatu baru kepada ibunya, sang ibu hanya acuh meninggalkan anaknya menangis di balik badan pintu.

sang ibu tidak memperdulikan rengeka anaknya yang semakin menjadi, dia masih sibuk di dapur dan tertegun melihat isi panci yang tak matang-matang

"kampret! kompornya lupa dinyalain!" si ibu menggerutu.
namun si anak masih tetap menangis.

"sudah diam! ibu bosan mendengar tangisanmu yang fals luar biasa! besok ibu akan membilakanmu sepatu baru. kamu minta merk apa?"

si anak berpikir sejenak sambil mengusap ingusnya yang agak-agak asin
"emmm.. nokia 6030 aja bu!"

keesokannya..
"bu saya mau berangkat sekolah, mana sepatu barunya?"

"itu ada dipojokan pintu"

si anak menghampiri sepatu dengan gembira, matanya berbinar, hidungnya kembang kempis sampai upil-upilnya keluar semua.
"bu sepatunya bagus banget, keren, temen-temen pasti pada ngiri"
sang ibu menjawab dengan senyuman kecil.

sesampai disekolah si anak hanya terkucil dan ditertawakan disana-sini
"sepatumu kok gede banget, kalo dibuat jalan kayak si komo yang sering bikin macet jakarta"

"ini ibuku yang beli"

"bego! ini sepatu katak! buat berenang di empang! bukan buat sekolah!" temannya memberitahu dengan mimik menghina.

"namanya juga inovasi" si anak menjawab enteng

"kamu ini dibilangi tahu apa enggak sih?

"nggak ahh.. aku tempe aja..."

***

WALHI yang salah satu dari sekian banyak pemerhati lingkungan hidup memprediksi pertandingan antara manchester united dengan persija namun prediksi ini dianggap ceroboh karena "ketemu MU disini aja kena teror bom apalagi main bola! bisa disunat satu-satu tuh pemin MU"

kembali WALHI meprediksi bahwa jakarta akan tenggelam pada tahun 2030 jika tidak memperhatikan keseimbangan ekologis.

terbukti dengan adanya ruang terbuka hijau yang ada sekaran gtinggal 9,6 %. dan setiap tahun tanah di jakarta menurun mulai 5-10 cm.

jika benar jakarta akan banjir besar, saya menghimbau untuk menjadikan jakarta menjadi tempat wisata saja. kok bisa?

kalau bandung terobsesi dengan paris van java, apa salahnya untuk melantik jakarta menjadi "vanice van java"

silahkan membuat gondola sebanyak-banyaknya, dan suruh para pengamen perempatan buat menghibur diatas gondola

sambil menyelam minum anggur, sambil naik gondola dengerin pengamen nyanyi, sambil mengevakuasi korban banjir bisa nikmati venice van java.


Senin, 09 November 2009

SURABAYA (2) VS INGGRIS (1)

mungkin bagi manusia terlalu egois untuk memikirkan masa lalu yang belum selesai, terlalu malas untuk menilik hal-hal di masa lampau. karena hal itu selalu dianggap mengurangi waktu untuk menegakkan time is money.

otak kita semakin sulit untuk menerawang 50 tahun yang lalu
mata kita sudah tak sanggup meneropong sejauh 5 tahun yang lalu
ingatan kita sudah kocar-kacir untuk menceritakan kembali berita 5 hari yang lalu.

***

sejak tanggal 1 september 1945 bendera merah putih harus dikibarkan diseluruh penjuru nusantara.
diberbagai tempat, susul-menyusul dikibarkan bendera merah dan putih, tetapi adalah masalh kecil yang membesar di sebuah hotel yang bernama Yamato.

saat itu hotel Yamato telah diduduki oleh pasukan sekutu inggris. inggris berniat mengembalikan indonesia untuk menjadi tanah jajahan kembali karena belanda adalah bagian dari sekutu.

dengan dukungan itu, sebagian orang belanda kembali mengibarkan benderanya dibawah naungan W.V.Ch ploegman pada tanggal 18 september 1945 tanpa perizinan dari pemerintah RI wilayah Surbaya.
jelas. hal ini membuat amarah pemuda (arek-arek suroboyo) klimaks dan tak terbendung untuk segera menurunkan bendera merah-putih-biru.

tak lama kemudian datang residen sudirman untuk berunding dengan pihak belanda agar segera menurunkan bendera belanda. namun ploegman menolak (ternyata diplomasi lemah negara ini sudah ada sejak dulu) hal ini semkin membuat pemuda surabaya bergerak mengmbil lngkah taktis dengan menerobos masuk ke hotel yamato dan naik ke atas untuk menurunkn bender merah-putih-biru lalu merobek bagian birunya dan dikibarkan kembali menjadi merah-putih.

pada tanggal 30 oktober 1945 brigadir Mallaby datang melintas di jembatan merah dengan mobil buick, sesaat datang milisi surabaya untuk mencegat mobil tersebut dan terjdilah tembak menembak yang akhirnya brigadir Mallaby tewas di hari itu.

Mayor Jendral Mansergh (pengganti Mallaby) menjtuhkan ultimatum. dalam ultimatum disebutkan para petinggi pejuang dan semua orang indonesia yang memiliki senjata harus melapor dn meletakkan senjtanya ditempat yang telah ditentukan lalu menyerahkan diri dengn batas waktu sampai pukul 06:00 tanggal 10 nopember 1945.

ultimtum tersebut ditolak oleh indonesia karena waktu itu Republik Indonesia baru saja diproklamsikan.
pada 10 nopember 1945 pagi. tentara inggris melkukan serangan besr-besaran dengn mengerahkn 30.000 pasukan serdadu, 50 pesawat terbang dan sejumlah kapal perang.

hujan bom terjadi di surabaya dengan memakan ribuan korban, namun semngat untuk mempertahankan kemerdekan tak patah disitu, para ulama seperti KH Hasyim Asy'ari, KH Wahab Hasbullah mengerahkan santri-santrinya, juga gerakan dri pemuda-pemuda yng dipelopori oleh Bung Tomo.

peristiw bersimbah darah tersebut akhirnya berevolusi menjdi perlawn seluruh bangsa Indonesi untuk mengusir penjajah. banyaknya pejuang yang gugur maka di hari itulh di kenng sebagai hari pahlawan, hari bersimbah darah, hari anak kehilangan bapaknya, hari yang tak cukup di kenang hnya dengan upacara dipagi hari, hri yang tak cukup disambut dengan spanduk-spanduk.

hari ini ada karena adanya masa lalu
jangan biarkan sejarah dibelokkan oleh waktu
jangan biarkan keegoisan kita melupakan sejarah yang telah dibangun dengan merahnya darah pejuang.

Minggu, 25 Oktober 2009

carilah pekerjaan yang cocok

bacalah dengan berdoa dan tutuplah dengan rapat.

dibawah ini adalah beberapa rekomendasi untuk anda-anda yang baru lulus dan berniat untuk mencari pekerjaan.
berusahalah walaupun gajinya kecil, karena ada pepatah mengatakan
"sedikit demi sedikit lama-lama perutnya buncit"

***

pekerja kasar
sesuai dengan judulnya. pekerjaan ini sangat kasar bisa berupa preman pasar, penjagal sapi ataupun penjagal manusia.
syarat:
-tidak perlu lulusan SMA/sederajat. yang penting bertampang serem
-badan tegap
-rambut gondrong, atau di cukur rapi pendek
-kumis tebel
-ketiak bau

pekerja kantoran
pekerjaan ini sangat bergengsi, tak ayal demi gensi rela gantung diri (deskripsinya gak penting!)
syarat:
-S1 (selain es satu juga bisa, es teler atau escargot)
-punya jas (setidaknya jas hujan)
-punya wawasan luas (kira-kira luasnya 3x4 meterlah)

PNS
kerjaan ini cukup diburu beberapa penganggur, mulai dari berotak encer sampai
berotak beku retak-retak. bahkan ada yang menggunakan jasa dukun seperti ketik reg (spasi) dapet kerja dan lain sebagainya.
syarat:
-usia minimal gak muda-muda amatlah pokoknya
-usia maksimal gak tua-tua amat deh
-minimal lulusan SMA/sederajat (saat sekolah tidak boleh nunggak spp dan uang gedung!)
-memilika pakaian resmi (gak mungkin dong, ngantor pakai celana yang bolong tepat di pantatnya)

musisi
dunia musik adalah industri yang nomor satu saat ini.
syarat:
-suka main musik bukan main gaple!
-bisa main musik, minimal bisa nyanyi cempreng-cempreng
-bisa bikin lagu walaupun lagunya berpotensi merusak kuping pendengar

pedagang bakso
pekerjaan ini sangat mulia karena menyangkut pangan masyarakat banyak (termasuk saya)
syarat:
-tidak perlu sekolah
-pintar mbulet-mbulet baso
-memiliki kaki yang kuat untuk berjalan jauh
-siap memiliki kulit yang hitam karena kepanasan
-kurang suka makan (penjual makanan kok suka makan! bisa abis dagangannya!)

pemain sinetron
pekerjaan yang sepele! tapi gajinya gede!
syarat:
-badan proporsional
-bibir tidak tebel
-rambut lurus tidak bercabang
-upil tidak sampe kelihatan
-mata tidak belekkan
-wajah menarik (menarik tangan untuk ditampar!)

demikian perkerjaan-pekerjaan yang saya rekomendasikan dengan perasaan tulus dan ikhlas tanpa merasa tersaingi sama sekali.

Jumat, 09 Oktober 2009

untitled

on the morning like this
there are so many things
I wanna tell you
there are so many things
I wanna show you.
I WANT YOU TO STAY!
(stay like this, surabaya...)

***

meski kemerdekaan masih diperdebatkan
meski kenyataan masih berupa angan-angan
meski mimpi masih menjadi buaian yang menina bobokan
tapi, perjuangan belum berakhir. lupakan semua masalah yang menimpa, kita bangun
peradaban baru.

besok pagi aku kembali lagi ke semarang untuk mencari tahu kenapa kemerdekaan masih diperdebatkan? kenapa kenyataan hanya berupa angan-angan? dan kenapa kita tertidur oleh buaian kita sendiri?

membicarakan perpisahan memang tak akan ada habisnya, karena awal sebuah kelahiran yang hakiki adalah "sebuah perpisahan". iya, perpisahan dengan rahim ibu.

kalau dipikir-pikir, menyambut perpisahan dengan rasa sedih adalah hal yang tak perlu dilakukan karena hanya dengan perpisahan manusia bisa belajar tentang hal kepemilikan, kehilangan, tentang pencarian, tentang hal yang baru didapat dan tentang hal-hal yang lain.

ngomongin soal hal-hal juga tak ada habisnya
dari halaman rumah sampai halusinasi
dari halangan sampai daang bulan
(hmm...makin gak penting aja postingan ini)
lalu apa yang akan habis?

yang akan habis adalah durasiku untuk berada disurabaya. lalu untuk kesekian kalinya ku beritahu bahwa aku akan kembali ke semarang untuk menyebarkan virus-virus yang selama ini ku kelola di dalam diri.

ha..ha...ha...
bagi anda-anda yang saat ini berada di semarang
bersiaplah untuk menanggulangi bencana besar akan datangnya manusia yang akan diperebutkan gadis-gadis, yang akan menghabiskan isi dapurmu, yang akan merusak tatanan yang ada, yang akan merubah pemuda-pemudi semarang menjadi radikal dalam menghadapi sesuatu.

kenapa aku jadi terlihat kejam gini yah?

untuk pemuda-pemuda surabaya:
jaga keperwanan gadis-gadis kita!
jangan biarkan tangan-tangan jahil menyentuh keperawanan mereka
untuk pemudi-pemudi surabaya:
jaga keperjagaan pria-pria kita!
tapi biarkan saja jika ada tangan-tangan jahil menyentuh mereka

untuk bapak-bapak di surabaya:
jaga kampung kita dari peredaran maling-maling!
untuk ibu-ibu di surabaya:
masaklah yang enak-enak untuk bapak-bapak yang selalu menjaga kampung agar aman,damai sejahtera serta banyak anak tentunya.

"AKU PASTI RINDU KALIAN SEMUA"

Rabu, 30 September 2009

dari semarang sampai surabaya berjajar warung-warung

bumi ini seperti debu diantara luasnya antariksa
dan kita hidup dan menempel pada debu tersebut
bisa dibayangkan betapa super kecilnya diri kita ini
sampai-sampai dimanapun kita berada, tak pelak menjadikan kita selayaknya
debu yang berkeliling


***

kabupaten semarang. sebagian daerahnya masih perawan alias belum terjamah pemburu materi ala lahan-lahan di kota. sebagian penduduk laki-laki bermata pencaharian sebagai petani bukan nelayan (ya iyalahh) sebagian penduduk perempuan bekerja pada pabrik garment
(di sana banyak sekali pabrik garment bukan pabrik permen!) dan sebagian pemudanya bermata pencaharian sebagai penganggur. (oke-oke ini memang analisis awam. jangan di percaya jika kemasan rusak!)

mudik? jika ditanya mungkin orang akan menjawab bahwa mudik adalah hal yang lebih dari budaya. seperti yang kulakukan kemarin. "menilik kembali surabaya setelah sekian lama kutinggalkan"

secara terminologi sembarangan: rindu itu seperti sakit pilek! tiba-tiba datang. "datang tak diundang, pulang bawa oleh-oleh kutang" mungkin itu pepatahnya.
seperti yang terkadang kualami saat di semarang. terlepas dari alam yang perawan di sana
karena yang kurindu tak sekedar alam di surabaya tapi, semua yang sudah kukenal.

terima kasih untuk semua yang sudah kukenal di semarang
kalian telah mengajariku arti sebuah
kesahajaan dalam sebuah kesederhanaan.

sabtu, 27 september 2009 pukul 09:00 (waktu indonesia bagian suroboyo-kenjeran)
aku dan keluarga sampai di surabaya, baru sampai rumah aku langsung keluarkan motor untuk berkeliling surabaya dan kerumah teman, tapi tepat di jam 11 siang aku diajak kerumah saudara yang ada di mojokerto dan lamongan (gile! baru dua jam di surabaya udah di diajak keluar lagi!)

acara di mojokerto dan lamongan adalah hal yang umum dilakukan orang-orang pada umumnya setelah melewati bulan puasa dan sangat tidak penting untuk di ceritakan. saat sampai kembali di surabaya 28 september 2009 pukul 15:00 aku langsung berangkat menuju gelora 10 nopember untuk menyaksikan pertandingan antara persebaya VS deltras tanpa mempertimbangkan rasa lelah.
"asem bosok! waktu pulang, kaki rasanya pindah ke perut, perut pindah ke dahi, dahi pindah ke pantat". gak kebayang capeknya....

aku kesana untuk melampiaskan emosi minorku. walaupun tersengat matahari di tribun supporter, walaupun hanyak teriak-teriak tapi bagiku itu adalah pelampiasan emosi minor (emosi yang buruk).
jangan pikirkan tentang ulah supporter yang di cap rusuh,anarkis,brutal dsb. karena kita ini manusia, dan manusia adalah mahkluk dinamis yang sikapnya bisa berubah-ubah setiap waktu, kita bukan malaikat yang statis berbuat baik walaupun berdampingan dengan jutaan pelacur, kita juga bukan iblis yang statis berbuat buruk walaupun berada di sebelah orang yang beribadah.

banyak hal yang kudapat setelah balik ke surabaya, seperti tahu tetang teman-teman jaman STM yang ternyata banyak yang berprofesi sebagai "pengangguran sukses" "yeahhh...kalian memang tahu pekerjaan yang baik!"
juga perubahan surabaya dari segi lalu lintasnya yang makin rame, banyak gajah bermesin diesel berkeliaran keluar masuk jembatan suramadu yang barus di resmikan itu!
dan banyak lagi gajah-gajah dengan ukuran yang berbeda yang setia memadati lalu lintas (dijalan pada cari apaan sih?)

karena sudah bayak orang yang dengan ketidak sopanannya menanyakan "kapan kamu balik ke semarang?" dengan mimik mengusirku. aku cuman bisa menggerutu dan membiadabkan pertanyaannya!. kejam sekali mereka mengusir anak manis sepertiku ini!

aku menyerah..
aku tak tahan dikejar-kejar pers, di kejar-kejar wartawan majalah dinding retak, hanya untuk menanyakan kapan aku balik ke semarang. baik dalam minggu ini aku akan kembali ke semarang, kembali ke tanah rantau. demi mencari sesuap atau sepiring nasi.

Rabu, 26 Agustus 2009

musuh dalam kancut

Ada seorang pendatang dari daerah miskin yang sedari awal sudah mengantongi niat buruk untuk berangkat mencuri ke daerah lain. Sebelumnya dia telah mempelajari teknik-teknik mencuri, adegan-adegan drama berbohong yang ia pelajari secara otodidak di sebuah sinetron, serta perhitungan cepat ala sempoa (ini mau maling apa mau ikut olimpiade matematik sih?)

Setelah sampai di daerah orang-orang kaya, sang pendatang itu masih mencari-cari rumah mana yang layak untuk dirogoh hartanya

Merayap-rayap, merangkak-rangkak serta jumpalitan agar tak ketahuan pemilik rumah sambil mendekati sebuah ayam. Hehehe..maksudnya ayam yang di pantatnya ada tulisan “Daihatsu xenia” alias mobil!
Tangan sebelah kanannya sudah memegang belati erat-erat, serta memasang wajah sesangar mungkin, lalu mengetuk pintu mobil itu.

Sesaat setelah pintu mobil itu terbuka terkagetlah ia dengan sesosok orang berumbut pirang dan logatnyapun tak sama dengannya, hwaawww sang maling terkaget menganggap pemilik mobil adalah seorang bule, lalu ia mencoba menggunakan bahasa inggris sekenanya

“excuse me! May I control this car?” begitu sang maling teriak mengancam.
Pemilik mobil hanya melongo dan berbalik menimpali
“ohh..pak cik ini mau mencuri rupanya, saya dari malaysye, dan orang malaysye itu lebih terkenal jadi pencuri dari pada negara pak cik”
ternyata sang pemilik mobil orang Malaysia.

“usahlah pak cik ambil mobil saya, karena saya sendiri juga pencuri, mari saya ajari teknik mencuri dan teknik merakit bom lalu pak cik ajari saya menari tari pendet”
tetapi, nasionalisme sang maling terkoyak dan sang maling berkoar

“walaupun di sekolah saya terkenal bodoh tapi saya tidak bodoh! Bapak ini pencuri seni budaya negara saya, saya tahu kalau negara bapak tidak kreatif dan suka mencuri secara diam-diam! Negara bapak memang “musuh berkancut!” errghh..errghh maksudnya, negara bapak memang musuh dalam kancut!”

***

Sebetulnya, sebuah negara tidak akan bisa berkembang maksimal jika masih berorientasi pada uang! Percayalah!

Tengok saja malaysia, untuk apa mereka mengklaim kekayaan kita kalau bukan untuk mencari uang? Karena mereka hanya mementingkan uang maka otak mereka tumpul dan tidak bisa berkarya secara sehat.

Mulai dari lagunya saykoji, masakan rendang, tarian reog, barong, pendet dan yang paling parah mereka telah mengklaim batik! Mungkin Malaysia tergiur akan ke-eksotikkan INDONESIA dan memburu hal-hal yang eksotik dari INDONESIA.

Tapi, jika benar Malaysia mengklaim semua itu atas nama ke-eksotikkan kenapa tak mengklaim “koteka” asal papua itu milik mereka?
Hahaha.. tentu akan menjadi lebih eksotik jika seluruh pria di Malaysia memakai koteka kemana-mana. Ke menara petronas pakai koteka, ke pasar pakai koteka, mau pacaran pakai koteka. dan sejauh mata memandang di negara Malaysia hanya ada “gondal-gandul”

Hiyahh..hiyahh..semoga tak akan ada masalah serupa lagi walaupun yang di klaim hanya sebuah koteka ataupun nasi aking khas masyarakat bawah (bawah jembatan dsb) semoga juga setelah kejadian ini pemerintah INDONESIA bersikap lebih ketat dengan kekayaan kita, serta diri kita sendiri menjadi penduduk negara yang kritis terhadap segala sesuatu.

“PUT ALL THE WORRIES,
YOU AND ME AGAINST THE WORLD!”

Sabtu, 22 Agustus 2009

bunda bilang saya ganteng! (PEMBACA DILARANG PROTES!!)

seorang ibu di surabaya mondar-mandir sambil memegang perutnya yang membesar. menunjukkan pada dunia bahwa dia akan melahirkan mahkluk laki-laki yang gagah dan perkasa berotot timah dan bertulang kayu jati.
langit indah sore hari dan hembusan angin pantai sepoi-sepoi menyambut lahirnya anak lelaki pertamanya itu.

namun celakanya, setelah remaja anak lelakinya berubah menjadi semakin sulit di atur dan menganggap rumah hanya sebagai terminal untuk mengisi perut saja atau bisa dibilang anak lelakinya itu jarang ada dirumah.

hari-hari dilewati dengan amarah karena anaknya saja. tapi, kini anaknya sudah dewasa, yang katanya harus mandiri. mencari segala sesuatu dengan sendiri atas nama kemandirian dan kemajuan bepikir untuk hidup di kelanjutan hari.

***

hmm... hidup jauh dari kampung halaman pada awalnya memang sulit, tapi setelah beradabtasi dengan tempat yang baru ternyata masih tetap sulit. "sekarang aku ada di semarang!" untuk berburu sesuatu (bukan uang!) karena seara tidak sengaja pemkot surabaya telah mengusirku mentah-mentah hanya karena sering membuat ortu marah-marah.

kampuang nan jauh di mato
aku rindu sekali dengan surabaya dengan apa saja yang sudah aku kenal di sana, tentang segala yang telah membuat seperti ini semuanya tak terlepas dengan surabaya. apa sih enaknya kalau hidup di tanah yang baru?
ya setidaknya kita bisa kenalan ama gadis-gadis setempat, kita juga bisa melajarin gaya hidup masyarkat yang baru dan yang lebih spesifik kita belajar untuk bingung! iya untuk bingung! cara bicara orang surabaya yang ceplas-ceplos dan seenaknya harus aku tanggalkan dan belajar berdialog dengan orang jawa tengah yang berbudaya halus, sehalus kulit sandra dewi.

"kembalilah ke desa, karena di desa kau bisa bertarung!"
itu kalimat dari seorang budayawan asal jombang yang biasa dipanggil cak nun.
sebulan tinggal di desa candirejo kabupaten semarang memaksaku harus bertarung dengan keadaan baru. iya, aku sedang berbicara tentang alam yang masih hijau, gunung terlihat samar berselimut kabut-kabut, rumput yang nampak anggun dengan embun, petani yang dari kejauhan nampak dikejauhan bergelut dengan sebidang tanah, semuanya benar-benar indah! mungkin saja ini yang biasa disebut harmoni alam.

namun, semua tak ada artinya kalo lagi homesick, lidah rasanya kangen "ngomong suroboyoan" dan makan-makanan khas surabaya
"bundooo... ambooo kangenn tempe gorengmu...".
ups, ngomong soal makanan jadi inget klo sekarang puasa. beruntunglah anda-anda yang terlatih untuk makan sembunyi-sembunyi. katanya puasa itu menahan segala nafsu ya? jadi kita boleh makan asal gak pake nafsu! bener nggak? ahh biarin ahh..ntra malah dikirain teman noordin

ehh..udah yaww.. selamat menjalankan ibadah puasa semoga amal ibadah anda tercatat sebagai amal saya pula, amin.
IMSAK KURANG DUA MENIT!!! CEPETT CEPETTT...!!!

Kamis, 30 Juli 2009

kentutmu mematikan!

¨pak saya minta izin mau kentut dulu¨
seru seorang murid kepada gurunya yang ingin berbagi kentut dengan alam sekitar

¨iya, silahkan.. tapi isi dulu formulir kentut ini¨

"aduh pak mau kentut aja kok ribet sih?"

"dari pada nanti kamu dikirain terorris yang suka ngebom sembarangan"

"saya gak mau isi formulir itu pak! mending saya mati aja dari pada ngisi formulir itu, di
negeri ini kan gak ada formulir yang gratis, lagian kentutnya udah bablas kok pak, ini malah ampasnya yang nempel di celana, sekarang saya minta izin ke toilet aja pak"

setelah beranjak dewasa anak ini menjadi pria yang "taat" pada ke-esa-an tuhannya. tak tanggung-tanggung, dia telah mendonorkan nyawanya untuk melakukan hal yang masih berlabel tanda tanya (jihad?)

bunuh diri bukanlah hal yang menyeramkan baginya(?)
melukai orang yang tak tahu apa-apa bukanlah dosa untuknya(?)
membunuh manusia yang tak sepaham dengannya telah dianggapnya memberi tiket surga(?)
membunuh suatu kaum sama halnya seperti menebar undangan pengantin(?)

pria itu berdiri mengenakan rompi bertuliskan mujahidin(?) dan mengikrarkan diri sebagai "pasukan berani mati".
tapi apalah arti pasukan berani mati di jaman seperti ini?
akan lebih pahlawan
akan lebih heroik
(akan gak akan asal kumpul)
akan lebih hebat 
kalau kita menjadi "pasukan berani hidup"
betul? 

bunuh diri itu sikapnya anak kecil yang tak berani menantang hidup!

***

kalau harus memilih antara hidup kekal di neraka atau di surga, apa jawabannmu?
ini sebagai referensi saja, kalau kamu memilih di neraka akan kamu temukan kemudahan untuk mencari korek api
oke tho?
enak tho?
tapi pada kenyataanya banyak yang takut tinggal di neraka dan salah satu cara untuk menghindari hidup di neraka adalah dengan cara "mati sahid"
apa itu benar? tak tau lah..
jangan kau tanyakan padaku, aku tak tau tentang hal itu.

Noordin M top (mang udin)
tak bisa dipungkiri kalau dia adalah pemain teater yang handal. coba perhatikan cara dia mengelabui jutaan pasang mata indonesia dengan wajah-wajahnya yang selalu berganti (seandainya sebelum meninggal  michael jackson mengenalnya pasti dia akan meminta merombak wajahnya setiap ada event!)

entah apa maunya si mang udin ini ngebom-ngebom indonesia?
apa karena dia tak mampu melihat saudaranya sendiri di malaysia yang menjadi korban?
atau karena intelijen dan penjagaan di indonesia lebih lemah dari pada di sana?
kalau memang itu masalahnya, perombakan besar dari diri sendiri adalah jawabannya! bukan polisi,bukan salep cap 88 ehh.. maaf-maaf maksudku densus 88 atau yang lainnya.

mang udin pliss dehh...

kalau anak buahmu saja bisa masuk ke JW Marriot yang katanya kolornya (baca: penjagaannya) ketat itu bisa kamu bobol. dan bahkan, kabar terakhir "lalatpun tak bisa masuk ke JW Marriot!" (kalau tidak percaya sialahkan cari lalat disana!)
kanapa tau kau bobol+bom saja menara petronasmu itu!! karena menurut mama
lauren di sana lebih banyak antek-antek amerika.
iya kan?

Norrdin suka main bola
di sebuah situs di kabarkan bahwa mang udin ini sengaja menyambut MANCHESTER UNITED (untungnya bukan PERSEBAYA) dengan bom.
wawww..fantastik!
dengan alasan mereka tak layak di elu-elukan masayarakat indonesia.
"hey bung! itu pribadi kita masing-masing!"
INDONESIA yang kabarnya telah lama menunggu MU main gaple di sini harus punah karena sikap mang udin yang egois.
iya egois! kenapa egois? karena di negaranya sana MU main dua kali. egois kan? 

ssssstttt satu lagi...
jangan bilang siapa-siapa..
kalau ingin memiliki istri lebih dari dua silahkan anda mencalonkan diri sebagai terorris
pendaftaran di mulai dari sekarang lowongan ini terbuka untuk umum termasuk kakek-kakek formulir pendaftaran bisa di curi di sekertariat jalan eternal madness no 13 kota lama
jika masih bingung silahkan hubungi customer service di 0666 31024538.

kita tunggu saja siapa pemenang lomba petak umpet antara TNI dengan Noordin dkk dalam rangka menyambut hari kemerdekaan (agustus'an rek!) yang jelas dalam waktu
yang lama blog ini akan kutelantarkan, karena aku pun harus menjadi "pasukan"

yeahhhh... "pasukan berani hidup"


Rabu, 08 Juli 2009

ayo kita corat-coret wajah capres dan cawapres

suatu saat ada seorang capres yang turun untuk menyapa pendukung dan simpatisannya.
tentu saja hal ini di barengi dengan goyangan mbak inul daratista dan kawan-kawannya yang bahenol tenan!

setelah capek dan berkeringat, para penonton, para pendukung capres, para simpatisan capres
dan para tukang becak saling sikut berebut obat paramex untuk menghilangkan rasa pusing saat
memilih capres di pemilu nanti. sekarang telah tiba saatnya untuk mendengarkan kumandang suara gemuruh penuh busa dari sang capres yang sangat berambisi untuk mendapatkan suara di desa ini

kurang lebih beginilah pidato yang penuh dengan muatan janji-janji itu (bukan janji joni lho!):

"saya telah lama menjabat sebagai direktur utama di sebuah perusahaan dan saya merasa
terlalu hebat untuk memimpin perusahaan itu lagi, intinya saya ingin merambah dunia politik untuk mendapatkan tentangan yang baru!"

"jika saya terpilih menjadi presiden periode 2009-2014 saya berjanji akan memberikan semua
gaji saya untuk para janda-janda yang telah ditinggal suaminya untuk mencari janda yang lain
(kok jadi main janda gini sih?)
saya juga akan berjanji untuk membangun pabrik celana! karena seperti yang saya lihat celana yang anda kenakan telah banyak yang robek" ujar sang capres sambil menunjuk ke penonton

"kalau perlu akan saya bangun pabrik andal jepit (sandal jepit. red)" mendengar kata "andal jepit" sang jurkam langsung mengkoreksi kalimat pak capres dan berbisik di sampingnya
"pak! kurang S-nya"
tanpa berpikir panjang, pak capres langsung berbicara lantang:
"ohh.. iya! dan juga pabrik es!"
***

tolong jangan sama-samakan cerita diatas dengan keadaan politik di negeri ini!
aku mau membahas soal pemilu!
kenapa?
karena hari ini adalah hari pertamaku untuk mengikuti pemilihan presiden!
hohoho... aku udah dewasa! aku udah siap untuk kawin! yeahhhh...!!!

pada dasarnya aku udah cukup geli melihat iklan-iklan kampanye politik. tapi bukan berarti aku di gelitikkin iklan-iklan ini lho!

dari sekian orang yang aku tanya ternyata lebih bayak yang "acuh" dengan pemilu kali ini
aku sendiri juga tak begitu care dengan calon yang belum matang apalagi dengan calon yang
terlalu matang.
tahukah anda apa istilah lain "terlalu matang"?
yaitu.... "BUSUK!"

tapi, sebisa mungkin aku mendoktrin diri sendiri untuk "tidak golput" karena menurutku akan terasa hambar bagi diriku sendiri kalau tidak mencontreng! (kapan lagi bisa corat-coret
wajahnya capres?)

ya..yaa..yaaa..
siapapun pemimpinnya aku rasa akan tetap sama
karena sudah dari dulu jalan yang kita buat adalah jalan menuju kepekatan hutan!
"kita akan tersesat secara massal!"
sebagai contoh:
seni & budaya kita akan perlahan terkikis (dan menghilang) oleh keyakinan kita sendiri yang senantiasa berkiblat eropa dan amerika! (bukan berarti saya anti barat lho!)
begitu pula dengan nilai-nilai estetika yang telah lama di bangun nenek moyang dan kakek
moyang kita.
semuanya akan hilang jika kita masih berkiblat pada eropa dan amerika!

hm..
semoga..
siapa saja yang memimpin negeri ini, dapat membawa kita keluar dari hutan!
amin.

contreng saja pake clurit kalau dia bekerja tidak baik!
hohoho...

Sabtu, 20 Juni 2009

SMK Negeri 7 Surabaya

dulu, dijaman perjuangan, ada seorang orator dari surabaya yang hadir untuk membangkitkan semangat "arek-arek suroboyo". beliau dikenal dengan nama "bung Tomo".
sekarang, di jaman facebook, ada seorang ksatria dari surabaya yang hadir untuk membasmi kejahatan dan membela (secara) kebetulan.
ksatria itu bernama
ehm..ehm..

 pangeran bagus sekali
(bukan nama spesies langka!)

***

lama juga blog ini gak di urus, pasalnya, sang pemilik blog emang lagi dag..dig..dug..
kenapa? karena aku sedang sibuk-sibuknya di dunia nyata.
*njrott!! temenku langsung muntah ngeliat aku sibuk!*

"gimana? udah ada pengumuman lulus apa belum?"
yak! setiap jam istirahat saat bekerja ibuku selalu nanyain soal pengumuman unasku dan jawabannku pasti "belum ada brita lulusan"
ibuku begitu kawatir dengan hasil unasku beda denganku yang sama sekali tak kebingungan soal hasil unas

tapi kalau sampe ke berkali-kali ke sekolah dan hasilnya cuman nihil (sambil gigit jari tentunya) bakalan ngeselin sekaligus ngebosenin.
sampai akhirnya di tanggal 13 juni 2009 terjadilah gejolak besar di dalam jiwa pemuda-pemuda SMKN 7 sby. semua siswa bergotong-royong untuk saling coret-coret baju, celana dan kolor dilanjutkan keliling-keliling kota bersama para handai-taulan dari berbagai sekolah sebagai budaya menyambut lulusan telah dilaksanakan anak-anak STM ini walaupun hasil unasnya belum keluar.


(tenang-tenang! baju ini sudah lulus uji klinis di berbagai rumah sakit kok, dan tidak akan menimbulkan iritasi pada mata kalian!)

sebenernya masih ada foto baju belakang (yang gak sempet di upload). di baju belakangku itu ada gambar dan tulisan temen-temen lengkap pake tanda tangannya yang JELEK BANGET!.
haha kawan... ternyata kalian gak punya bakat untuk jadi artis yang tanda tangannya keren!
kurang lebih dibelakang ada tulisan seperti ini:
  • "lulus"
  • "emak, aku siap kawin"
  • "belok kiri jalan terus"
  • "ingin selamat baja sholawat"
  • and others...
emang ada banyak tulisan yang gak nyambung dengan suasana. tapi justru tulisan seperti inilah yang selalu meresap dan merasuk ke jiwa *halahhhh... bahasanya itu lohh!*
dan yang bikin heran sampai saat aku lulus sekarang, baju putihku masih berlabel "2Mpk" yang seharusnya idah di ganti dengan "3Mpk". hehe.. bapak dan ibu guru, maafkan muridmu ini

selanjutnya, terima kasih,thank you,danke,gracias, matur suwun untuk semua siswa di SMK NEGERI 7 SURABAYA. khususnya anak-anak 3Tpm1 yang selalu tertawa setiap harinya
yeahhh... ini kelas kami yang memiliki motto "tertawakanlah temanmu sebelum bel pulang tiba".

thanks for all the joy kawannn...
"I remember.. All the things that we shared, and the promise we made,
just you and I"
"do you remember...?
When we were dancing in the rain?"
YES, I REMEBER ALL THIGNS!.

belakangan ada para ulama di jawa timur yang meng-HARAM-kan "facebook" jadi, sebelum ada fatwa dari MUI yang menyatakan tulisan ini haram,


saya telah menyatakan bahwa tulisan in halal dan layak untuk di konsumsi masyarakat banyak!!.
TERIMA KASIH.

Rabu, 27 Mei 2009

18 tahun

yup!
tak terasa aku telah menantang hidup selama 18 tahun!
yeaahhh.. dihari ini aku telah genap berusia delapan belas tahun. tentunya bukan pencapaian hidup yang biasa atau sekedar perlewatan masa demi masa, tapi ini adalah talak ukursekaligus tanda tanya besar tentang apa saja yang akan dan telah terlampaui

18 belas tahun artinya hampir sama dengan di perbolehkannya aku untuk menikmati acara-acara televisi tanpa bimbingan orang tua lagi *tertawa setan*
juga diperbolehkannya untuk berlangganan majalah apa saja tanpa takut melanggar Undang-Undang konsumen *tertawa lagi!*

kulihat peta hidup..
ternyata masih banyak hal yang harus tercapai.
bertambahnya usia adalah bertambahnya tingkat kesulitan hidup *tak lagi tertawa*

doakan aku kawan
semoga cepet dapet momongan
*gyahahahaha..*
dan mudah melewati aral hidup dengan kepala tegak

terima kasih juga buat semuanya yang udah ngucapin met ultah dan doanya lewat sms,telpon dan semua situs jejaring sosial

Jumat, 22 Mei 2009

dagangan bang-kit kena gusur

kemarin di surabaya dilaksanakan hajatan besar satpol pp dkk untuk merapikan badan jalan yang sering digunakan pedagang untuk mengais harta. mereka memang mendapatkan tugas untuk menggusur bukan membunuh! tapi hasilnya, satu bayi meninggal tersiram kuah panas dari baso yang di jual ibunya.
pedagang : orang kaya udah seenaknya aja nempatin mobil mewahnya dimana-mana tanpa takut kena tilang.
mentang-mentang mereka kaya markir mobil seenaknya aja!
pengamen : tenang aja! kita orang miskin juga bisa seenaknya jualan dimana-mana kok.
kita orang miskin juga bisa mentang-mentang kok, mentang-mentang kita miskin kita bisa jualan seenaknya dimana aja!
***

sejuta persen aku nggak setuju ama john kenedy yang bilang
”jangan tanya apa yang akan diberikan negara kepadamu, tetapi bertanyalah pada dirimu apa yang akan engkau berikan untuk negaramu”

kenapa aku nggak suka ama perkataan kenedy diatas?
bukan karena aku anti amerika, atau anti budaya barat
kalau kita tidak bertanya apa yang di berikan negara pada kita, terus bagaimana kita menilai hasil kerja pemerintah?
kalau kita tidak bertanya pada negara apa yang mereka berikan pada kita, berarti kita sudah tidak berani lagi untuk mewujudkan transparansi sistim kepemerintahan!

Dalam sebuah masyarakat otoriter atau Oligarki, ada konsentrasi kekuasaan politik dan keputusan dibuat oleh hanya sedikit anggota. Sebaliknya, dalam masyarakat pluralistis, kekuasaan dan penentuan keputusan (dan kemilikan kekuasaan) lebih tersebar.
lagi, masyarakat tidak akan bisa berbuat banyak tanpa adanya dukungan birokrasi yang baik.

maaf pak john saya klo saya nggak setuju ama bapak, walaupun udah banyak orang yang meninggi-ninggikan pernyataan bapak tersebut *hehehe...*
***

tepat 20 mei kemarin adalah hari kebangkitan nasional ke 101. dan lebih tepat lagi klo hari itu di sebut hari bangkitnya dalmantion se-indonesia *hahaha...*

bangkit disini tepatya adalah, membangkitkan kerangka pluralisme tadi.
kerangka di mana ada interaksi beberapa kelompok-kelompok yang menunjukkan rasa saling menghormati dan toleransi satu sama lain (menghargai perbedaan) tanpa adanya konflik.
indonesia memang bukan negara adi daya
tapi, indonesia adalah negara adi budaya yan menjunjung tinggi pluralisme,toleransi dan persahabatan *kayaknya hatiku merah putih banget yah.. hahah..*

satu lagi yang lebih penting adalah bangkit dari rasa ketidak-ingin-tahuan!
manusia tidak tahu lebih baik dari pada manusia yang berpikiran tidak-mau-tau.


oke, klo ada yang bilang tulisan ini ngelantur,
emang ngelantur!. karena tulisan ini di buat jam 12 malem saat mataku aku paksa merem tapi nggak bisa-bisa! (dan di posting sekarang ini)
*terhenyak kaget dan tidur lagi!*

Selasa, 12 Mei 2009

AGNES MONICA LOVE ME!

PRESIDEN gajinya pasti lebih gede dari pada wakil presiden
camat gajinya pasti lebih gede dari wakil camat
lurah gajinya pasti lebih gede dari wakil lurah
direktur gajinya pasti lebih gede dari wakil direktur
ketua pasti lebih gede dari wakil ketua
julia perez pasti lebih gede dari luna maya *piss..piss.. ini cuman becanda!*
sekarang yang aku pertanyakan:
aku ini "rakyat!" kenapa gajiku lebih kecil dari "wakil rakyat"? malah aku terkesan tak bergaji (karena masih skolah!)
***

minggu adalah salah satu hari yang membosankan bagiku!
karna di hari itulah ada banyak segala macam aktivitas membosankan...
kucoba langkahkan kaki menuju tempat paling aman, yaitu warnet! untuk sekedar blogwalking atau chat ama temen. aku males nonton tv dirumah
nonton tv sama kayak menonton kebasa-basi'an artis2 mulai yg kencan sembunyi-sembunyi sampe yang selingkuh terang-terangan! *huhh..!*

dan akhirnya di sebuah blog kulihat pamflet acara underground yang cukup gede band-bandnya




di tanggal 3 mei di gedung srimulat surabaya akan di kumandangkan lagu-lagu yang melubangi telinga lebih dalam, lagu-lagu yang di bawakan oleh puluhan band-band tahan api!
acara ini terselenggara atas ultah ke-13 sebuah band asal surabaya yang beraliran "brutal death" bernama "wafat"

kupikir aku harus hadir..
tapi mau masuk pake apaan? duit tinggal 5ribu. kakiku kembali menuju rumahku, kurebahkan badan sejenak sambil berfikir..
hal pertama adalah menjual diri
haha.. gak mungkin ini kulakukan, keperjakaanku gak cukup untuk diganti pake segepok duit 50ribuan!
kedua,buka celengan
gak mungkin juga buka celengan cuman buat nonton acara UG yang habisnya mungkin cuman 20ribu (rupiah dong!)
hal ketiga, mending jadi babu aje!
sejak kecil aku di didik untuk tidak bermental pengemis, mungkin karena itu hatiku selalu "gak enak" klo di kasih duit secara cuma-cuma!. jadi, mending jadi babu di rumah sendiri aja dulu lah.

aku kerjain semua tugas-tugas ibu rumah tangga mungkin aku harus menyandang gelar "pelajar pembantu ibu rumah tangga" ya nyapu-lah, ya ngepel-lah, ya nyetrika-lah, ya bersihin kamar mandi-lah dan what-ever-lah. hahaa..!!

jam 2 siang duit hasil bersimbah keringat udah ditangan. sekarang bersiap untuk nampak beringas dari biasanya, bersiap untuk memuntahkan semangat yang terkubur sinetron!
gak perlu susah-susah pake celana baggie super ketat, cukup pake celana pendek diatas dengkul
gak perlu susah-susah pake sepatu cats, cukup pake sendal jepit idola segala umat!
gak perlu kepanasan gara-gara jas kantor, cukup pake kaos warna item yang agak molor!
itu semua udah cukup buat berkumpul ama gembel yang sebenernya bukan gembel!

acara berlansung gemerlap dan band beraliran "gothic metal" bernama "amerta" telah membuatku menjadi tidak seperti biasany. bergerak berlari, melompat, teriak, teriak lagi dan lagi..
suara lantang growl dan scream yang mencekam menghentak menjalar ke seluruh syaraf tubuh. kulupakan sejenak lelah hidup..

terlepas dari segala cibiran masyarakat mengenai musik underground dan komunitas underground yang selalu saja dinilai dari fisik saja!
manusia diciptakan dengan berbagai macam karakter
setiap manusia mempunyai cara sendiri untuk tetap survive menjalani hidup, bahkan ada sekolompok orang yang tak mengerti , serta-merta menuduh UG sebagai sarang kriminalitas karena tatoo di badannya, karena musik yang kurang familiar di terlinga mereka, karena hal-hal aneh yang di lakukan UG

terserah siapa yang memandang baik atau buruk
semua punya hak menyuarakan suaranya (asal gak bikin ribut aja!)
aku terima kalian mau bilang apa soal UG atau soal aku.
tapi, ngomong-ngomong judul ama isi postingan ini kok gak cocok yah...???

Rabu, 29 April 2009

mari belajar dari daftar isi sampai daftar pustaka

suatu saat di negeri yang umurnya hampir 64 tahun...
Tomy: kita harus cari kerjaan!!
suhar: kerja apaan? SD aja udah drop out!
toyib: kita kerja yang nggak pake ijazah aja!
suhar: gak mungkin ada!
tomy: bego kamu! kerjaan yang nggak pake ijazah itu yaa... MALING...!!!
suhar: klo kita maling berarti kita bakalan perang ama militer dong?
toyib: tenang.. jangan takut!, klo mereka itu militer dan kita cuman kaum sipil, jangan takut perang ama kaum militeris, karena.. kita adalah kaum sipilis! paham itu?

***

klo ada yang nanya, apa itu unas?
unas adalah sesuatu yang bisa bikin otak terbelah jadi berbagai macam bentuk belahan
dan unas juga dapat diartikan sebagai sesuatu yang menghambat BAB (buang air  besar)

Bahasa Indonesia
baik-baik aku ngaku salah klo aku emang sering pake bahasa jawa klo ngobrol ama guru-guruku (kecuali guru yang berwajah godzila!) tapi waktu unas kmaren mau nggakmau harus menelan soal2 dari guru bhs indo atau guru bimbel yang rata-rata solnya "sepet dimata!" dan pahit di batin!" kenapa? karena pelajaran bahasa indonesia selalu di letakkan di jam pertama, dan mataku masih nggak kuat nerima soal-soal di pagi hari!
bu guru: tadi malam kamu tidur jam berapa?
aku: nggak ngerti bu!, lampu kamar aku matiin, jadi gak bisa ngeliat jam dinding!

ronde pertama (biasa aja tuh..)
ujian dilaksanakan jam 8 tapi aku udah bangun jam 5 (lima lebih tiga puluh!) untuk ngulangin apa aja yg udah di plajarin
nyampek di gerbang sekolah aku langkahkan kakiku seperti di film-film india yang mau perang buat nyelametin cewenya *cihuy..*
and than..
bhasa indonesia berjalan dengan lancar tanpa ada terror bom atau terorr hantu pocong perawan!

bahasa inggris.
ronde kedua (you must listen very carefully to understand what the speakers say!)
rata2 orang bakalan bergumam (minimal) atau protes keras (maksimal) klo makan chicken soup tanpa ada rasa daging ayamnya, tapi, rata2 orang bakalan diem aja klo makan hot dog tanpa ada rasa daging anjingnya!.
begitu hebatnya hot dog mengalahkan tempe!.
***
berhari-hari  aku pelajarin buku dari temenku yg isinya gak ada se-upil-pun yg pake bahasa indonesia! semuanya, dari ujung depan sampe ujung blakang pake bahasa inggris!
klo reading sih aku masih bisa dikit-dikit (sedikit dalam arti meluas!) tapi klo waktu listening aku benar-benar hanya mengandalkan ilmu kebatinan *yeahhh...!!*

hmm.. ternyata hari ujian kedua ini pas dengan hari kartini:
"Emancipate yourselves from mental slavery!" *inggris nanjak!*

matematika.
ronde tiga (banyak-banyak berdoa)
seminggu sebelum ujian matematika aku bener2 belajar intensif (walaupun sambil nyanyi2) kubuka semua pelajaran matematika mulai cara berhitung pake daun (tradisional) sampe
cara berhitung pake duit  (modern banget & metode yg di senengin banyak orang)
semalam sebelum ujian kuperbanyak berdoa
"ohh.. tuhan jangan sampe banyak soal yang bernuansa integral, aku gak ngerti sekaligus males melajarin integral!"

paginya..
aku bingung cari nomer ujian kok gak ada kmana ya?
aku: bu, baju seragam putih kamren kmana?
ibuku: tuh lagi direndam..
aku: (sambil memuntahkan roti!) woyyyy....woooyyy...wooyy....!!! nomor ujianku ada disitu!
sial! nomor ujianku basah dan gak bisa diliat apapun kecuali fotoku yang menggiurkan banyak gadis *haha..*

doaku semalam terkabul...
aku bersyukur beneran ternyata soal integral gak muncul banyak, tapi... BRENGSEKK..!! otakku masih tak menjangkau soal-sooal matematika ini!
mungkin seharusnya aku berdoa seperti ini:
"ohh... tuhan, semoga ujian matematika besok ada malaikatmu yang menemani dan mengajari dengan sabar"

sebuah kejadian yang cukup aneh telah menghantuiku saat itu
tiga jam seusai ngerjain sekaligus di-kerjain soal matematika BAB-ku lancar kembali
aneh nggak sih..?
ahh.. biarin dehh..!!
emang emak lo pikirin...!!!

Jumat, 10 April 2009

kok nggak nyapa sih..?

baiklah..
aku nyerah klo disama-samain ama betrand antolin
bertrand itu rupawan sedangkan aku rusakwan
bertrand itu atletis sedangkan aku biasatis
bertrand itu usahawan sedangkan aku usaha terus seumur hidup
bertrand sering membuat para wanita tergila-gila sedangkan aku sering diteriakki para wanita "Gilaa.. Gilaaa... gilaaa..!!!"
kendati kakekku dan kakeknya bertrand itu sama yaitu, kakek-kakek tapi kami nggak pernah ketemu, dan kami juga nggak saling kenal karena saya bukan temannya bertrand dan bertrand bukan teman saya
pertanyaannya: "siapa temannya bertrand..?"

PERTANYAAN DIATAS BUKANLAH PERTANYAAN UNTUK MENGUJI SEBERAPA LUAS PERGALUAN ANDA, JADI JIKA ANDA TIDAK LUAS, ANDA TIDAK PERLU MENGELUH KARENA SEJAK KECIL ANDA MEMANG HIDUP TERPENCIL DI KONTRAKKAN 3X3 METER
***
tulisan tadi emang cuman buat basa-basi dan emang udah basi. tapi setidaknya waktu smp dulu aku pernah ngerasain gimana rasanya diteriakki cewe-cewe basi, sungguh pengalaman basi dan sedang dibaca oleh manusia-manusia basi! *haha..!*
dengan malu-malu aku critain klo aku pernah ditembak cewe, iya sumpah demi luna maya aku pernah di tembak cewe, walaupun bukan dia yang ngomongin langsung ke aku, tapi lewat makelar cinta *adohhhh!!* bukan karena tuh cewe nggak punya pistol, tapi.. udahlah ngapain juga ngomongin pistol! *tolol!!*

di smpku ada cewe yang namanya juminem (jelas bukan nama sebenarnya!) dan satu lagi namanya partinem (bukan nama sebernarnya, juga bukan nama ibunya!!) suatu saat ada obrolan yg menurut emang gak penting banget klo ditujukan ke seorang pemuda yang berbakat di berbagai bidang sepertiku *hhahaaa..!!!*
partinem: gus sini dehh..
aku: napa? *sambil pasang muka sok cool!*
partinem: kamu kok sering ngeliat ke bangkuku kenapa sih? *sumpah demi aura kasih aku nggak pernah ngeliat ke bangkku partinem!!*
aku: (sebenernya dengan ngeliat air muka dan intonasi ucapannya aku udah tau tujuan pembicaraannya mau kemana, tapi aku masih pura-pura bego, walaupun sebenernya udah bego!) ahh masak sih..
partinem: kamu suka kan ama juminem?, si juminem seneng ama you...
saat itu juga aku beneran kaget!!
aku: nggak.. nggak.. aku nggak ada rasa apa2 ama juminem *jawaban ini aku ucapkan dengan penuh penghayatan rasa jujur, karena emang gak ada apa2* *tolong jangan gosipkan saya!! haha..!!*
partinem: ya udah klo gitu jangan nyesel klo aku gak bakalan nanya kayak gini lagi ke kamu!!

woww.. si partinem pasti ngerasa aku tinggi hati karna udah disenengin cewe, tapi sodara-sodara!! sampe lulus smp pun aku gak pernah ngerasa suka ama si juminem yang emang agak manis sih wajahnya *hehee..* dan sampe obrolan itu si juminem gak pernah lagi ngobrol ama aku lagi..

3 tahun kemudian *aduuhhh.. kok kayak sinetrom sini sihh..*
aku ketemu ama juminem, dan wajahnya masih kayak dulu, cakep punya!!
aku yakin seyakin-yakinnya klo si juminem ini ngeliat aku lagi jalan, tapi yang aku sayangin kok si juminem ini nggak nyapa aku ya?
apa si juminem ini masih marah sih.. *kamu kan cakep, cari cowo lain napa sihh.!*
mungkin si juminem berpegangan "cowo harus nyapa duluan!" *yaa.. jelas nggak enak dong klo aku nyapa duluan, kenapa nggak enak? ya.. nggak enak aja, waktu itu aku cuman ngelirik-lirik dia, dan klo ga salah aku lagi buru-buru mau pergi!*

doooooooooohhhhhhhhh.................
sebenenrnya aku males nulis soal ini, tapi udah keburu nyampek di akhir cerita, yaa.. gimana lagi
mau di hapus? sia-sia nulis tau!!
mau nggak di posting? trus ngapain di tulis klo gak di posting? mau di pake hiasan di draft apa?

baiklah..
mari kita akhiri jumpa kita minggu ini, saya mandala abadi soji mewakili team dan crew terbahak-bahak mengucapkan "sampai jumpa minggu depan" *sedikit mewniru acara reality show yg beken di akhir2 ini*

Selasa, 07 April 2009

mari saling memperkosa

POSTINGAN INI DITULIS DALAM KEADAAN BERSUNGUT-SUNGUT, JADI SEBELUMNYA SAYA MOHON MAAF KALO ADA YANG BISA BIKIN UPIL ANDA JATUH KARENA MENGHELA NAFAS TERLALU PANJANG
HARAP MAKLUM..
KARENA SAYA SEDANG MARAH BESAR


sekejam-kejamnya jaman yang paling kejam adalah jaman pak Harto.
kenapa? karena dijaman pak harto "manusia dilarang menjadi mansia kejam!." tapi sekarang kalo tidak kejam bukan manusia (indonesia) namanya

dulu,di jaman orde baru pengamat politik saat itu bisa dihitung pake jari (tanpa kalkulatorpun bisa!) dan yang statementnya obyektif bisa dihitung pake sebelah tangan sedangkan yang lain menggunaklan statement ala kadarnya
tapi sekarang hampir di setiap kampung punya pengamat politik, dan hal ini juga yang memicu berbagai macam pro dan kontra
***

lupain masalah kejam-kejaman, harto-hartoan, orde baru, orde lama, orde baru tapi lama dan orde lama tapi baru, LUPAKAN!!!. kita bicara yang lain aja!

belakangan ada banyak berita di tv, koran, radio dan microwave *kayaknya microwave gak ada beritanaya dehh..* ada banyak siswa yang keliru masuk kelas, kenapa? mereka bukannya masuk kelas belajar mengajar tapi mereka masuk ring tinju. bahklan di papua sana ada seorang guru yang rela jadi wasit tinju
yah.. inilah sekolah gratis kebanggan pemerintah!
sekolah yang mengajarkan "jual beli kolor bekas!"
sekolah yang menerapkan kebobrokkan moral!
sekolah yang menerapkan sistim pembelajaran di jaman purba dan hukum rimba!

mulai dari kebosanan murid menerima pelajaran yang monoton dan ekspresi mereka sering tidak ditanggapi, lalu ditambah dengan kurangnya sikap apresiatif dari sekolah membuat para siswa untuk hidup berkelompok (geng) sebagai penampung sesama pengidap penyakit bete!
sebenarnya hidup berkelompok seperti ini adalah suatu yang wajar unutk mendapat pengakuan dari teman sebaya, tapi klo udah kayak geng nero di pati, perang antar anak smp dan pertarungan memperebutkan pacar adalah hal yang minus besar.

satu lagi yang membuat aku sering misuh-misuh waktu ngeliat berita video mesum pelajar sekolah, video kekerasan antar pelajar (cewe VS cewe)  yang hanya disebabkan rebutan pacar *J*NC*k!!!* kenapa harus ngrebutin cowo sihh? kalian itu cewe!!, tau soal jati diri cewe apa nggak sih?

yahh.. itu cinta yang dibanggakan para pemuda
cinta yang berujung minum racun serangga!
cinta yang berujung gantung diri di pohon
cinta yang berujung terjun dari gedung bertingkat
karena cinta.. semua itu karena cinta palsu yang kalian banggakan!!!
cinta yang menggebu-gebu karena kepentingan libido!
cinta yang berhenti karena bosan dan udah nggak punya lagi nafsu yang dilampiaskan!

coba pikirkan itu kawan..
*jadi inget kata temen nih..*
dunia tak selebar daun kelor
cinta bukan di balik kolor!!
 
MAAF KALO ADA KATA YANG AGAK KASAR

Selasa, 24 Maret 2009

kenapa..? mengapa..? (ngapain sih nanya-nanya..!?) anak kost #3

"fhyyuuuhhhss..........."
gak tau kenapa hari-hariku diminggu-minggu ini kok di selimuti kesendirian. ditinggal ortulah,ditinggal sodaralah, ditinggal sodarilah yang akhirnya harus membuatku sering-sering meninggalkan rumah, dan meninggalkan uangku di operator warnet *lagi-lagi pergi kewarnet*

jum'at, 20 maret 2009
kakeku yang ada di trenggalek telah menyerah pada akhir hidup untuk dipulangkan oleh malaikat dan harus mempertanggung jawabkan atas apa yag telah diperbuatnya di tanah ini...

"bu titip bagus dirumah ya.." kalimat itu diucapkan ibuku ketetanggaku sambil berkaca-kaca, walaupun saat itu hatiku berkata "yaa.. eelaaahh.. ibuku... gak usah pake dititpin sgala napa? emang aku ini krupuk yang harus setia disiagain biar gak melempem" *sambil bisik-bisik, melempem itu bahasa indonesia apa nggak sihh..?*
tapi saat itu juga aku juga terpikirkan "apa begini rasanya kehilangan orangtua, seperti apa yang orang tuaku rasakan sekarang. berkaca-kaca, menahan tangis,dan tentunya akan sangat merasa berdosa jika merasa punya salah"
***

malemnya ada sms dari ibuku
"gus beli roti dulu sana, buat sarapan.."
aku liat jam dinding kok udah jam 9 malem yah..? cepet amat sih?
terus terang banget nih, aku muaaleesss buat belanja, apalagi ke supermarket cuman buat beli roti.
mending aku tinggal nonton tv aja (nonton tv adalah suatu kegiatan yg selama ini sangat aku benci!!) aku berani ngucapin sumpah bahwa menonton tv adalah kegiatan yg sangat-amat membosankan (kecuali acara-acara yang berbau vulgar,segar,dan gar-gar lainnya haha..!!)

karna mataku sulit banget buat merem saat itu jadi aku cari temen ngobrol aja, dalam bahasa dokter penyakit ini disebut insomnia dan dalam bahasaku ini disebut "angel gae merem"
'pelajaran moral bagi anda penderita insomnia: saya harap anda berani untuk mencalonkan diri sebagai anggota DPR. karena menurut sumber berita yang dapat dipercaya, para petinggi negara sering ngantuk saat sidang DPR' *apa ada yang ngerasa..?*

thanks a lot to: aisah yang udah nemenin begadang dan nemenin buat ngobrolin sesuatu yang lumayan gak penting *hahahaha...* soal obrolannya jelas gak perlu aku tulis dong, enak aja!!
dan jam setengah sebelas klo gak salah aku akhiri talkshow dengan miss aisah ini
mataku masih blom ngantuk, merem.. melek.. merem.. melek.. merem lagi.. melek lagi.. begitu seterusnya..
apa kalian tau knapa aku gak bisa tidur?
aku gak tidur dikamarku sendiri melainkan tidur diruang tamu pake kasur lipat *walaupun sebenernya tuh kasur gak bisa dilipat dan hanya bisa digulung, kenapa orang2 menyebutya kasur lipat?* biar klo ada tamu kedengeran ketok pintunya. sambil nonton tv lagi, sambil ngupil lagi, sambil merem-melek lagi
tapi sumpah aku gak melakukan hal jorok yang disebut: ngupil!!

pagi pukul 5 tidak lebih dan tidak kurang hapeku teriak2 sebagai tanda untuk membangunkan majikannya ini, sedikit menyesal karena aura kasih tak ada disampingku *huhh..!!*
kakiku langsung merespon segalanya untuk berlari ke arah toilet sambil jongkok dan... creeett.. creetttt crettt.. *jorok ya?*
aku masuk angin sodara-sodara!
penyakit yg dikarenakan tidur di ruang tamu,penyakit yg di karenakan kasur lipat/gulung,penyakit yg dikarenakan tidur kemaleman
lama jongkok ditoilet gak kerasa klo udah jam 6. tanpa bsa-basi lagsung aku buka kotak roti seperti biasa.. "ohhh.. nggak.. nggak.. rotinya tinggal 1 potong" *tersadarkan klo udah gak ngikutin ortu buat beli roti*
seperti pepatah:
-maksud hati ingin makan roti apadaya tinggal satu biji
-nasi sudah menjadi bubur
-jagung sudah menjadi pop corn
-ayam sudah menjadi sate dsb

sekali lagi tanpa basa-basi aku keluarin motor, dan mencoba menghidupkan mesinnya
"kok nggak bisa sih..?" "arrggghhhhh...!!" dari pada waktu kebuang buat ngecek motor mending aku tinggal mandi aja
kenapa valentino rossi begitu bangga dengan motor pabrikan yamaha?
karena dia dibayar
kenapa dia dibayar? karena dia pembalap. kenapa dia pembalap?
"JANGAN NANYA MULU NAPA SIH? AKU MAU MANDI TANPA INTEROGASI!!
***

kenapa cerita ini berhenti disini?
karena yang lainnya males aku tulis
kenapa males nulis?
yaa.. emang males aja..
buat bapak-bapak yang nanya-nanya mulu ini:
"maaf klo jawaban saya yang terakhir tidak membuat anda puas, karena saya juga laki-laki. jadi saya tidak bisa memuaskan bapak!!"
"terima kasih.."

Rabu, 04 Maret 2009

JANGAN REBUT SENDAL JEPITKU...!! (anak kost #2 dan maling biadab episode pertama)

baghhh.... bougghhh... baghh.... bagh....
nggak2 aku gak bakalan ngomongin cewe2 (sok)cakep yang berantem ama temen sesamanya cuman gara2 perselisihan antar genk gak jelas!.
ada yang salah dengan jiwanya!. aku juga pelajar yang sama2 hidup dilingkungan terdidik (sama2 kejerat tugas, sama2 sering dimarahin guru *jujur amat sih*) tapi kayaknya dilingkungan pelajar versi kelasku, gak ada tuh yang namanya berantem (adanya cuman perang santet dan pelet), walaupun di kelasku udah divonis banyak guru sebagai kelas urak'an, gak punya etika, gudang pelajar nakal, sering rame, jarang ngerjain tugas, jarang... jarang.... jarang apaan lagi ya..?
udah.. udah.. lupain semua itu! lupain! aku males ngomonginnya,
perlu diketahui: aku udah berguru sebagai pecinta damai ama bob marley.. wooo.... yooo.....

oke2 aku bakalan ngomongin sesuatu yang banyak dilupakan bahkan ditinggalkan masyarakat banyak yaitu: taarraaaa.......
ntar... ntar... iklan dulu..
ditinjau dari segi judul postingan ini emang ga punya keunggulan di bidang akademis, gak punya bobot untuk maju sebagai tulisan ilmiah, judulnya emang ada embel2 anak kost part two soalnya ini ada hubungannya ama postingan kemaren lalu aku tambahin "maling biadab episode pertama"
buat apaan? yah.. selain ada hubungan dengan mata rantai maling biadab! (edan! bahasaku kok kayak reporter berita kriminal gini sih..?) juga buat judulnya biar keliatan panjang *gak penting deh..!!*

gak tau knapa balakangan ini aku kok jadi sering ditinggal ama keluarga keluar kota, kmaren aku abis ditinggal di rumah sendirian lagi, lalu seperti cowo pada umumnya aku males ngapa2in dan bingung mau ngapa2in lagi waktu ditinggal sendirian
jam tujuh malem aku putuskan buat jalan2, cukup ke warnet sebelah aja (bukan sebelah rumah, bukan sebelah kantor, bukan juga sebelah mall)

pake kaos warne item, celana jeans pendek, sendal, plus duit receh tentunya! aku brangkat menuju warnet di jalan platuk nama warnetnya salzabilla, nyampek disana aku chating dulu ama temen sejawat, seblogger dan sesama pengguna jasa duit receh, norland namanya, cowok bernama keren ini ternyata tak memiliki dompet yang keren juga buat mendampingi namanya *haha..! piss kawan*

sekilas warnet ini emang kayak rumah biasa lalu setelah aku selidiki ternyata pemilik warnet RUMAHNYA EMANG DISINI!! *bego amat sihh..!*
gak perlu diceritain aku buka apa aja waktu didepan komp, yang penting aku buka konten2 dewasa TOLONG JANGAN BERPRASANGKA BURUK PADAKU! ya jelas dong aku harus buka konten dewasa, gak lucu klo cowo berbadan kekar berotot, berwajah model L-men main ke warnet bukanya video2 teletabis atau donal bebek, blakangan aku sibuk cari tugas kimia buat persentasi di depan kelas *guru dadakan*

capek chating, lelah browsing dan males melakukan downloading mending pulang aja menjemput mimpi berbalut sprei lembut, bersama empuknya bantal guling..
seusai membayar di operator warnet, tanpa basa-basi atau sekedar kenalan ama operatornya yang berdada bidang dan mulutnya ditumbuhi kumis yang panjang sampe bisa di gimbal sgala kumisnya *hahaha... aku ngebayangin nih orang sampe katawa sendiri*

tiba-tiba..
pemilik warnet memandangku sebagai gelagat pencuri rendahan, emang sih aku lagi ngubek2 seisi halaman rumah ni orang
sambil berteriak dalam hati "asuuuu!!! SANDALLLKU HILANGGGG....!!!" aku katakan pada pemilik rumah
aku:sandalku hilang nih..
tu orang: sandal apa
aku: sendal buat kaki lahh.. *sambil sok cerdas gitu aku menjawabnya*
tu orang: merknya apa dekk
aku: sendal warna item, merknya carvil terbitan tahun 2007

tangan tu orang langsung ngambil sendal jepit butut dan bilang "aku tukarin ini mau nggak?" dengan intonasi sangat rendah aku jawab "mboten usah" (gak usah. red)
sangat terpaksa ku pulang tanpa alas kaki tanpa harapan..

besok2nya..
keluargaku emang selalu menuntutku selalu berpenampilan rapi, tapi hal ini sangat sulit aku terima, dengan hilangnya sandal carvil pembelian ortuku, sedikit terbesit rasa syukur
"AKU BEBAS PAKE SANDAL JEPIT LAGIIIII.....!!!"
emang napa klo aku suka pake sandal jepit *ada yang nggak terima apa?*
setiap orang punya ego masing2, terserah aku klo aku seneng pake jepit!

Selasa, 03 Februari 2009

derita anak kost

"mulai ntar malem kamu sendirian, jangan main mulu, jangan lupa cuci baju sendiri jangan lupa di setrika sendiri, jangan lupa masak sendiri, jangan lupa yang jangan-jangan"

itu pesen ortuku sebelum aku mereka berangkat ke banjarnegara, mereka kesana bukan buat jalan-jalan atau cuman berburu batik jateng, tapi mereka kesana buat datang ke acara pernikahan sodaraku. klo diitung-itung sih jauh juga jaraknya dari sby-bnjarngara
di dalam mobil ada 8 oranganlah klo gak salah, dan sampe tulisan ini di posting mereka blom pada balik (sebenernya tulisan ini udah lama di draft dan sampe lumutan gak aku posting)
emakkkk aku kangen sayur asemmu!!!
hahaha

derita hidup sendirian udah dimulai semenjak ortuku pesen seperti cuci baju, nyetrika, masak dan bla-bla. tapi sebernya ada enaknya juga klo sendirian, bisa bebas bagaikan siluman kambing yang terbang tinggi sampe lupa pake celana dalam...

ya! inilah saatnya menunjukan aku adalah calon bujangan kaya masa depan yang mampu hidup di tengah belantara hutan amazon sendirian (sebenernya aku ngelakuin semua tugas2 dari ortu cuman buat syarat untuk naikkin uang saku aja heheheh..)
kukuruuuryyyuuuuukk..... (ini adalah suara ayam betina tomboy sedang berkokok) waktu udah subuh
bahh!! klo bukan karna tugas2 nyebelin gak bakalan aku bangun sepagi ini!!
hampir tiap hari aku cuman makan mie instan,
senin ini aku kesekolah biasa2 aja, gak ada yang spesial apalagi yang pake telor (ihihi kok jadi ngomongin telor sih) pulangnya juga gitu, males banget rasanya

senin malam....
perutku laper dan bingung mau makan apaan?. gak mungkin klo aku makan makanan instan seperti genteng,kayu atau aspal, gak lama kemudian aku keluarin motor besutan yamaha, yang di bodynya bertuliskan "jupiter" sampe di depan rumah aku liat bensinnya udah gak layak buat dipake muter2 *sebenernya mau muter2 apa cari makan sih?*
oke klo gitu! aku bakalan pake sepeda, selain sehat juga bisa mendukung program pemerintah yang sedang menggalakkan jogging malam hahaha. di tengah jalan sepeda aku kayuh terasa berat dan semakin berat, kulihat ban depan, huh! bannya bocor (kenapa sih cari makan itu sulit banget?)
singkat cerita. ban udah ditambal, aku kayuh lagi sepeda menyusuri jalanan kota untuk mencari sesuap nasi demi anak dan istri ihihihihi...
sekitar 1 kila dari tempat tambal ban rantai sepedaku lepas (lek boso jowo'ne: rante'ne loss) "arrgghh..." aku sedang mengalami depresi berat di tengah jalan dengan keadaan lapar pula. dan akhirnya sodara-sodara... harus aku paksa menelan sepiring nasi goreng,
harap diingat!! nasi ini di beli dengan uang halal tanpa embel-embel korupsi jadi tolong jangan curigai saya sebagai siswa korup!! hahahah!

nasi goreng telah membuat perutku bagaikan raja rimba yang telah puluhan taun ga bisa tidur dan sekali tidur langsung lupa ama anak istri
klo gak salah aku mimpi chating di facebook ama guru matematikaku dan beberapa temen sekelas
JANGAN PUNYA ANGGAPAN KLO AKU SUKA AMA GURU MATEMATIKAKU!!
aku juga gak ngerti kenapa mimpiku bisa nyasar sampe sekolah sgala?

alarm hapeku berbunyi....
waktu menunjukkan pukul 05:00 saatnya bersih2 untuk wilayah surabaya-kenjeran dan sekitarnya...
ahh efek samping dari nasi goreng blom bisa ngilang di perut dan mataku, aku masih pengen merem 5 menit lagi dan menyambung chating di facebook ama anak2 skul

sekian lama chating di alam mimpi aku terbangun dari semua itu.. dengan santai aku lihat jam di hp "arrggghhhhh... jam 6 lebih 15 menit dan sekian detik!" ini gara2 nasi goreng dan fesbuk semua pihak harus bertanggung jawab atas apa yang terjadi pagi ini!!
mau cepet2 juga gak mungkin, 15 menit lg udh bel masuk. dengan terpaksa aku harus bolos. aku baru sadar hidup sendirian di alam bebas ternyata susah juga!

ya udahh dehh...
dari pada pusing dan bisa berujung mencret-mencret. mending aku masak mie instan aja, cuman kali ini mie instan plus plus. pake telor ayam gitu
harap diingat lagi!! ini telor ayam bukan telor kuda!!
dan akhirnya aku semakin sadar klo hidup membujang sulit aku terima, hal ini terbuktikan bahwa mie instan plus telor yang aku masak ada yang kelupaan
telornya lupa aku tambahin garam dan bentuknya aneh! ada beberapa pulau di tengah2 telor itu dan pulau itu berwarna hitam kecoklat2an.
para ahli gizi menyebut telor ini GOSONG!!

Senin, 12 Januari 2009

basah-basah bikin susah

hari minggu sore emang saatnya untuk berperang di lapangan basket sekolah, tapi sore ini nampak mendung
gak peduli walaupun langit amat gelap (pertanda akan ada shooting film romantis disini) aku dan temenku indra menembus awan gelap segelap kulit titi kamal (hehehe)
perjalan menuju lapangan basket sekolah emang ada banyak cobaan yang bisa bikin tabrakan, mulai dari angin kenceng, banyaknya motor yang saling balap, sampe cewek cakep seliweran (bukannya pengendara motor juga harus hati2 klo lagi ngawasin cewek)

sia-sia bukan main, nyampek di sekolah malah gak boleh masuk sama penjaga sekolah dengan alasan "besokkan UAS dek, apa gak belajar? kok malah basket"
bukannya kami juga sedang belajar (basket) pak ?
otak gak bakalan bisa mikir jernih klo badan gak sehat, makannya itu olahraga sebelum ujian juga penting *alasan , bilang aja males belajar*

*sebenernya sang penjaga sekolah nggak ngomong kayak gitu, penjaga sekolahku sama sekali tidak punya bakat untuk bicara yang manis-manis*

mau nyewa lapangan malah keburu ujan *apes* terpaksa semuanya harus duduk2 depan sekolah sambil terbang bersama imajinasi sendiri2
akhirnya harus rela hati, basket ditunda. ada 3 orang temanku yang berjiwa sok atlit sedang lari-lari muterin jalanan yang banjir. sampe segitunya kalian merelakan tubuhmu diguyur air hujan demi setetes keringat. (hahaha piss kawan)

sampe di jam 6 semua orang ngajak pulang walaupun masih gerimis. usut punya kusut, ternyata semuanya pada pulang soalnya mau nonton termehek-mehek
EDAAANNN !!!! APA INI TONTONAN YANG BAIK UNTUK CALON ATLIT BIBIT UNGGUL KAYAK AKU ???

ya udah deh aku nurut2 aja klo pulang, lagian aku juga males duduk terus disini, bisa-bisa aku mati beku didepan sekolah, dan besoknya bisa jadi hotnews di koran-koran.
sampe di rumah aku ambil semua perlengkapan olahragaku (padahal isinya cuman sepatu)
aku kaget bukan main...
kertas nomor ujian yang aku pake besok pagi
basaahhhhh......
arrgggggg gak mau kepikiran langsung aku keringin aja di atas buku, dan hasilnya nampak seperti musik death metal.
kertas nomor ujianku cadas abiess (nama,nomor dan kelas hampir tidak bisa dibaca)

ujian hari pertama. (agama featuring matematika)
malemnya sebelum ngadepin soal2 ujian itu, aku udah belajar semua buku2 yg terkait mulai dari kata pengantar sampe profil penulis udah aku baca semua.
dan besoknya guru penjaga marah2 di depanku gara2 kertas ujianku yang bersifat abstrak....!!

ga nyangka di sela2 ngerjain soal ujian ada guru yang sidak kerapian. semua anak di kelasku rata2 ada yang kena rambut,sepatu dbb (dan bla-bla. red)
untungnya rambutku udah dirapiin oleh designer rambut terbaik versi majalah playboy, jadi rambutku aman2 aja
tiba-tiba.........
auuggghhhh.... dadaku di cubit!!!
busett nih guru nafsu ngeliat body atletisku..
enggak2 guruku gak hombreng, aku di cubit gara2 GAK pasang nama dada, dan logo kelas yang seharusnya bertuliskan 3TPm1 masih bertuliskan 2TPm1 (males ganti)

niat emosi dan semangat balas dendam karna udah dicubit di bagian vital dada (dada itu vital gak sih buat cowok?) aku nekatin buat ngejahit sendiri nama dada dan logo kelas. bener2 kepaksa aku ngejahit semua itu soalnya ibuku lagi pengajian di kampung sebelah. aku baru sadar klo masukin benang ke dalam jarum itu sulitnya hampir sama dengan menguras samudra atlantik

dengan berbekal rasa sakit hati, rasa agak dendam, rasa lapar, rasa putus asa, dan rasa-rasa lainnya yang ga bisa disebutin. aku puter otak pentium 20ku ini
ahaa!! dari pada susah2 masukin benang ke jarum yang bisa bikin gila, mending nama dadanya aku lem aja
cukup sekali oles langsung nampel dan rapet.(kalimat disamping terinspirasi dari kalimat "sekali oles langsung besar dan panjang" hahahah!!!)

ceroboh!!
nama dada udah nempel (sukses besar) tapi aku gak nyadar klo lem yang aku letakin disamping tumpukan pakaian keluarga. (arrggghhh) lemnya tumpah dan kena pakaian ibuku
tapi, sampe cerita ini diposting gak ada yang tau klo pakaian ibuku ada yang kena lem gara2 jiwa seni anaknya ini kelewat tinggi

ingat!!
jangan nekat basket klo lagi mendung
jangan bawa kertas ujian di saat mendung
jangan lupa cubit dada sendiri untuk memeriksa kerapian sendiri
jangan ceroboh sewaktu menjalankan ritual pasang nama dada

Sabtu, 03 Januari 2009

penyakit paling berbahaya di dunia

pernyataan saya di bawah ini telah membuat WHO yang diketuai michael jono harahap terkaget-kaget
mungkin dunia baru menyadari di surabaya telah lama lahir mahluk genius yang baru berumur 17 tahun lebihhh kira-kira 7 bulan 2 hari dan sekian menit (males tau ngitungnya !!!) pria itu bernama raden mas bagus hadiningrat joyo raharjo purnomo yudho

pada kesempatan kali ini izinkanlah saya untuk mengatakan hasil penelitian saya secara mendalam, aktual dan terpercaya
kenapa kaum adam selalu dianggap sebagai serigala berbulu domba oleh kaum hawa ?
padahal tidak semua kaum adam berbulu domba. ada yang berbulu ada juga yang tidak berbulu. khusus yang tidak berbulu "JANGAN DITIRU" (ihhh bancii bokkk)
ini adalah sebagian sisi unique dari kaum laki-laki. namun yang aku bahas bukanlah banci dkk tapi ini sebuah penyakit psychology yang lama ada dan tidak disadari (hanya orang terpilihlah yang mampu menyadarinya, termasuk gueee dongg hohohoho)

di dalam dunia medis penyakit ini belum ada namanya, dan kayaknya dokterpun tak mampu mendiagnosa penyakit ini
udah dehhh gak pake basa-basi lagi nama penyakitnya "cewe phobia" (takut berlebihan pada cewe yang digandrunginya)
iyaa cewe phobia adalah penyakit yang diderita secara tidak sadar, ada yang pantatnya gatel waktu ngobrol ama cewe, ada yang keringetan dari ujung gigi atas sampe gigi bawah waktu dideketin ama cewe, ada yang kencing dicelana dan akan memperparah daftar sejarah buruk laki-laki dihadapan cewe

dalam penelitianku (kok gue jadi sok ngerti masalah psycho gini yah ?) yang telah melibatkan puluhan responden yang tentunya berjenis kelamin laki-laki(laki-laki dalam arti sesungguhnya) hampir banyak juga yang mengidap penyakit ini.

ada beberapa yang sempat sembuh dari penyakit menjijikan ini, namun yaaa gituuu, dia harus rela jadi tukang ojek dadakan buat antar jemput cewenya. dia melakukan ini karena dia sadar klo dapetin cewe yang dia gandeng sekarang itu sulitnya bagaikan menguras samudera atlantik dengan bersenjatakan sendok garpu doang
makannya itu dia rela jadi apapun termasuk "ojek dadakan"
adakah yang merasa ???

bagaimana dengan aku ??
aku bukanlah pria pengidap penyakit fenomenal tak dikenal ini
aku tak mengidap penyakit cewe phobia
tapi yang aku idap sekarang adalah "duit phobia"
dulu aku merasa jijik dengan yang namanya uang (penyakit wong kaya) sampe-sampe semua duit yang aku semua duit yang aku punya aku buang-buang
karena kebanyakan ngebuangnya sekarang malah menderita penyakit "kaya phobia" yang bahasa gaulnya disebut tak berduitt euyy !!

*ini pertama kalinya ku memposting dua tulisan sekaligus dalam satu hari
klo tidak percaya silahkan baca postigan dibawah ini (kayaknya beda dengan postinganku yang lalu-lalu)

A HIDDEN HISTORY OF ZIONISM

sudah saatnya berhenti melihat, sudah saatnya mulai bergerak, entah itu dengan harta, tenaga atau do'a
aku menulis ini bukan karena latah dengan media yang memberitakan hari-hari ini di palestina mendapat tekanan yang teramat berat
ganas beringas zionis menyerang, lantang teriak menyerukan penindasan
jerit, tangis pilu, air mata bersimbah darah, laksana doping untuk akumulasi genocida palestina

pemberontakan rakyat palestina dilakukan secara damai dengan cara turun ke jalan , namun aksi turun ke jalan ini hanya ditangggapi dengan terjangan timah panas.
karena semua jalan telah dirasa buntu, mereka mulai nampak "putus asa". semua hal yang mereka lakukan tidak ditanggapi. mulai dari pelemparan batu-batu sampai melemparkan tubug mereka sendiri (bom unuh diri)akibat dari aksi-aksi bom bunuh diri seperti ini palestina telah dituding sebagai "terorris"
di sisi lain, sebagai anggota masyarakat dunia dari PBB dan "sang adi kuasa" yang ironisnya justru melihat dengan kaca mata israel.

tujuan zionisme bukan hanya untuk mengeksploitasi penduduk pribumi tapi juga membuang mereka hanya untuk mengganti penduduk pribumi dengan pemukim baru (exspansi)

sekilas penyiksaan........
para tahanan ditempatkan pada kotak-kotak yang dibangun secara khusus dengan lebar hanya "DUA KAKI" dan tinggi "LIMA KAKI" dengan paku-paku tajam diletakkan dilantainya, perlakuan kejam termasuk pemukulan dalam waktu yang
lama di penjara sudah umum di penjara dan tempat tahanan israel
"from time immemorial"
sebuah bayi yang tak mengerti apa-apa harus menangis darah, mereka menjerit ketakutan, mereka berlari tanpa tujuan, tidak ada kata berhenti
BERHENTI SEJENAK BERARTI MATI !!!


isolasi sadisme.... (sebuah wujud pengasingan atau pembunuhan)
dibawah undang-undang yang berlaku, pengasingan tidak dipandang sebagai hukuman. dalam kenyataannya hanya sedikit orang yang bisa bertahan di sel dengan panjang 1 meter dan lebar 2,5 meter selama 23 jam sehari dalam waktu 
berbulan-bulan

sejak kapan manusia menjadi binatang ?
sejak kapan manusia saling menikam  ?


pemuda telah kenhilangan harapan bahwa israel akan memberika hak-hak mereka, mereka merasa negara-negara arab tidak mampu melakukan apapun, mereka merasa PLO (palestina liberation organization) telah gagal menciptakan sebuah lilin penerang.

apa ini yang dinamakan kebenaran dimata manusia ?
dalam hal ini kebenaran adalah sebuah fatamorgana


*artikel ini berdasarkan tulisan seorang direktur pelaksanaan yayasan Perdamaian Bertrand Russel  RALPH SCHOENMAN dan berbalut pandangan seorang "pelajar" bagus al haqq

SING NULIS

Foto Saya
pria diatas sempat bercita-cita menjadi penyanyi tetapi cita-cita itu pupus setelah di caci maki dan di sumpah-serapahi oleh jutaan pasang kuping saat dia bernyanyi di WC sekolah. sekarang, pria diatas sedang melaksakan perjalanan sunyi.

ARSIP BEBAS

Social Icons

Pages

 

© 2013 berkata bebas dan membebaskan kata-kata. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top